Jurusan Matematika FMIPA UNM Melakukan Pengabdian kepada Masyarakat Terpadu dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Takalar

Uncategorized

Jurusan Matematika FMIPA UNM kembali mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu Kabupaten Takalar pada hari Minggu, 9 Agustus 2020 lewat daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama Jurusan Matematika FMIPA UNM dengan Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Takalar

Pengabdian kepada Masyarakat terpadu dalam Masa Pandemi di Kabupaten Takalar

Kegiatan yang diikuti oleh guru matematika yang bergabung dalam MGMP se-kabupaten Takalar ini bertujuan untuk membantu guru-guru pada tingkat sekolah dasar dan menengah untuk meningkatkan profesionalisme sebagai seorang pendidik dalam  menjalankan tugas-tugasnya di masa pandemi Covid-19.

Dalam acara pembukaan, Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D. berharap ada tindak lanjut setelah kegiatan ini yang dimotori oleh guru dalam proses pembelajaran.

Sambutan oleh Dekan FMIPA UNM,
Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D.

“Semoga setelah kegiatan ini ada tindak lanjut yang dimotori oleh guru matematika untuk pembinaan secara intensif agar melahirkan karya-karya inovatif dalam proses pembelajaran seperti penggunaan teknologi, pembelajaran berbasis proyek, dll.” Tuturnya.

Adapun judul PKM di Kabupaten Takalar beserta narasumber ahlinya sebagai berikut:

  • PKM Penerapan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran konsep Pecahan oleh Dr. Ahmad Thalib, M.Si., Dr. Alimudddin, M.Si., dan Dr. Hisyam Ihsan, M.Pd.
  • PKM Pelatihan Pembelajaran Matematika Terintegrasi KPK FPB, Segitiga dan literasi Data bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar oleh Dr. Asdar, M.Pd., Prof. Dr. Ruslan, M.Pd., dan Prof. Dr. Baso Intang S., M.Pd.
  • PKM Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Informasi oleh Dr. Rosidah, M.Si., Ahmad Zaki, S.Si., M.Si., dan Sutamrin, S.Si., M.Pd.
  • PKM Peningkatan Literasi TIK melalui Pelatihan Pembuatan Game Sederhana Berbasis Android oleh Dr. Awi Dassa, M.Si., Syahrullah Asyari, S.Pd., M.Pd., dan Muhammad Husnul Khuluq, S.Pd., M.Sc.
  • PKM Pelatihan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa oleh Dr. H. Bernard, M.S., Nurwati Dja’man, S.Pd., M.Pd., Ph.D., dan Sahid, S.Pd., M.Pd.
  • PKM Kelompok Guru Matematika dalam Pembuatan dan Pemanfaatan Alat Peraga oleh Drs. Hamda, Dipl.Komp., M.Pd., Dr. Rahmat Syam, ST., M.Kom., dan Dr. Mayasari Wahyuni, ST., M.Kom.
  • PKM Pelatihan Peningkatan Kemampuan Mengajarkan Konsep Geometri Guru Kabupaten Takalar oleh Drs. Muhammad Dinar, M.Pd., Dr. Muhammad Darwis, M., M.Pd., dan Said Fachry Assagaf, S.Pd., M.Sc.
  • PKM Guru SD di Kabupaten Takalar Pelatihan PTK untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran oleh Dr. Ilham Minggi, M.Si., Prof. Dr. Nurdin Arsyad, M.Pd., dan Sabri, S.Pd., M.Sc., Ph.D.
  • PKM Pelatihan Pembuatan Absensi, Survey dan Soal Online pada Guru Sekolah Menengah Takalar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran New Normal oleh Sukarna, S.Pd., M.Si., Sulaiman, S.Si., M.Kom., dan Aswi, S.Pd., M.Si., Ph.D.
  • PKM Pelatihan Teknik Berhitung Cepat dan Tepat sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika bagi Guru-guru di Kabupaten Takalar oleh Dr. Rusli, M.Si., Prof. Dr. Suradi, M.Si., dan Fajar, S.Pd., M.Sc.

Ratusan peserta yang dibagi ke dalam 10 kelompok untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari narasumber yang berbeda-beda tiap kelompok. Pada bagian akhir acara, masing-masing kelompok melakukan sesi foto bersama dengan dosen-dosen jurusan Matematika FMIPA UNM dengan cara Screenshoot pada layar Zoom Meeting.