Tiga mahasiswa Jurusan Matematika UNM angkatan 2017 yang tergabung dalam tim LIM17, Nun Hafizhah Nur, Nurul Fadhilah Alimuddin, dan Meutia Nahrisyah berhasil menyabet juara 2 lomba media pembelajaran nasional 2020 yang diadakan oleh BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM dengan tema Perubahan Pendidikan untuk Generasi Tangguh 5.0.

Tujuan diadakan lomba media pembelajaran tingkat nasional untuk mengapresiasi karya mahasiswa seluruh Indonesia berupa media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk generasi tangguh era society 5.0. Proses seleksi media pembelajaran dimulai pada tanggal 20 Januari 2020 sampai 21 Februari 2020 dengan mengirimkan media pembelajaran beserta deskripsi karya. Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu kompetensi dasar yang ada di sekolah SD, SMP, atau SMA/SMK. Karya yang telah dikirimkan kemudian diseleksi untuk diambil 10 besar karya terbaik yang akan dipresentasikan.

LIM17 dari UNM berhasil masuk 10 besar karya terbaik dan mempresentasikan karyanya di Ruang Teater Lt 3 Gedung Pinishi UNM pada hari Jumat tanggal 28 Februari 2020. Nun Hafizhah Nur dkk mengembangkan media pembelajaran Geometry Hologram Video. “Media pembelajaran ini diberi nama G.Ho.V. yang merupakan singkatan dari Geometry Hologram Video dengan materi pembelajaran bangun ruang. Video ini menampilkan bentuk bentuk bangun ruang yang jika dipancarkan dengan kaca/mika akan menghasilkan bangun ruang tiga dimensi. Video ini juga memuat jaring-jaring dari bangun ruang tersebut. Kelebihan utama dari media ini adalah siswa dapat melihat langsung bangun, unsur-unsur bangun, serta jaring-jaring bangun ruang tersebut dalam bentuk tiga dimensi, sehingga dapat membantu guru mengajarkan materi geometri dan mempermudah siswa memahami materi tersebut.” Terang Nur Hafizhah.

Media yang telah dikembangkan tersebut sudah diujicobakan kepada siswa SMPN 1 tinggimoncong. Pada saat proses pembelajaran siswa sangat antusias dan turut aktif dalam proses pembelajaran. Mereka juga mendapatkan respons yang positif dari guru yang mengajar di sana karena media yang dikembangkan termasuk kreatif dan inovatif.

Nun Hafizah menuturkan “Awalnya, ini salah satu tugas kuliah untuk membuat media pembelajaran. Media ini juga pengembangan dari mata pelajaran PKN dan kami mencobanya pada pelajaran Matematika dan alhamdulillah berhasil”

Dalam lomba tersebut, Tim dari Universitas Ahmad Dahlan berhasil meraih juara 1 dengan media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk siswa SMP. Juara 3 berhasil diraih oleh tim dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan media Bagosix yang merupakan media pembelajaran berbasis android untuk materi geografi sedangkan juara favorit diraih oleh tim Mathunesa dengan media 3D-Geometry.