JURUSAN MATEMATIKA, UNM – Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menerima kunjungan dari Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Al Syariah Mandar yang dilaksanakan di Ruang Senat, Gedung ICP FMIPA Lt 3, Senin, 10 Februari 2020 mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WITa.

Studi Banding Jurusan Matematika FMIPA UNM dengan Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Al Syariah Mandar (doc Jurusan)

Kunjungan ketua program studi, dosen beserta mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Syariah Mandar ke Universitas Negeri Makassar dalam rangka kegiatan Studi Banding dan diskusi dengan pimpinan Jurusan Matematika UNM yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan juga atmosfer akademik di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Syariah Mandar. Agenda kunjungan ini diantaranya diskusi perihal kegiatan akademik, penerapan sistem IT dalam proses perkuliahan, pengelolaan jurnal ilmiah, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Program Kreativitas Mahasiswa, dan lainnya.

Kunjungan dari dosen dan mahasiswa Universitas Al Syariah Mandar ini disambut langsung oleh Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM, Dr. Asdar, M.Pd., didampingi oleh Ketua ICT FMIPA UNM, Dr. Rusli, M.Pd. beserta Sekretaris Jurusan Matematika FMIPA UNM, Sutamrin, S.Pd., M.Si. Rombongan terdiri dari 26 Mahasiswa dan didampingi 8 dosen pendampingnya yang memadati Ruang Senat FMIPA UNM.


Sambutan oleh Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM, Dr. Asdar, M.Pd. (doc Jurusan)

Dalam sambutannya, Dr. Asdar, M.Pd. menyampaikan selamat datang kepada perwakilan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Al Syariah Mandar di Jurusan Matematika FMIPA UNM. Beliau memperkenalkan secara singkat dimulai dari penerapan IPTEK dalam proses perkuliahan, kegiatan pembentukan karakter mahasiswa, kegiatan-kegiatan dosen di Jurusan Matematika, serta publikasi jurnal ilmiah.

“Di Jurusan Matematika UNM, Alhamdulillah sudah mulai menerapkan sistem pembelajaran e-Learning. Bukan hanya itu, Absensi Online juga sudah mulai diterapkan. Ini salah satu langkah yang ditempuh dalam menghadapi era evolusi industri 4.0. Kami juga mengadakan pembentukan karakter kepada mahasiswa sejak mahasiswa baru agar tidak salah jalur di awal-awal mereka menjalani atmosfer kampus UNM. Dan masih banyak kegiatan-kegiatan yang lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa maupun dosen di jurusan matematika” Cetus Beliau.

Pada kesempatan yang lainnya Ketua ICT FMIPA UNM yang merupakan dosen juga di Jurusan Matematika, Dr. Rusli, M.Pd. menyampaikan tentang pentingnya penerapan IT di era industri 4.0 ini. Di Jurusan Matematika diusahakan penggunaan kertas diminimalisir dengan menerapkan sistem IT dalam proses perkuliahan seperi e-Learning dan e-Absensi (Absensi Online). Beliau menambahkan bahwa membangun sistem IT seperti ini bisa sangat membantu dalam penyusunan Borang Akreditasi Pendidikan Matematika.

Penerapan IPTEK di Jurusan Matematika ini bisa meminimalisir penggunaan kertas, dengan menerapkan e-Learning dan e-Absensi. Nantinya, pembangunan sistem IT di Fakultas MIPA ini akan sangat bermanfaat dalam penyusunan Borang Akreditasi Program Studi, karena data-data yang dibutuhkan sudah terapan di dalam database” Paparnya dalam memberikan sambutan.

Ketua rombongan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Syariah Mandar, Herlina Ahmad, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas diberikannya tempat kunjungan studi banding. Dia berharap bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya di Jurusan Matematika FMIPA UNM terutama pada bidang IPTEK untuk kemudian diterapkan di Universitas Al Syariah Mandar terkhusus di Prodi Pendidikan Matematika.

Menurut Herlina “Kami rombongan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Syariah Mandar sangat berterima kasih kepada Jurusan Matematika FMIPA UNM karena telah menyambut Kami dengan sangat baik. Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah menjaling silaturrahim antara Universitas Al Syariah Mandar dan Universitas Negeri Makassar, khususnya Prodi Pendidikan Matematika, bertukar pikiran IPTEK dan kegiatan sehari-hari untuk meniangkatkan bidang pendidikan”

Acara selanjutnya adalah sesi Tanya jawab antara mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Syariah Mandar dengan pimpinan Jurusan Matematika. Kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.