Bentuk perwujudan menghadapi era revolusi industri 4.0, Jurusan Matematika FMIPA UNM menggelar Workshop Pembelajaran E-learning. Kegiatan tersebut bertempat di Laboratorium Matematika FMIPA UNM pada tanggal 3 Februari 2020 mulai pukul 08.00 – 12.00 WITa. Turut hadir pemateri yang sudah ahli di bidangnya, Dr. Rusli, M.Pd. selaku ketua ICT FMIPA UNM yang memaparkan pembelajaran e-Learning di Mipa Learn dan Ansari Saleh Ahmar, S.Si, M.Sc. selaku programmer situs tersebut.

Workshop E-Learning di Jurusan Matematika FMIPA UNM (doc Jurusan)

Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan IT dosen khususnya dalam menggunakan Mipa Learn. Mengingat era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan maraknya teknologi digital yang sudah terjadi saat ini, maka tantangan selanjutnya bagi dosen yaitu revolusi industri 5.0 yang deperkirakan pada tahun-tahun mendatang. Oleh sebab itu, dosen sebagai pendidik harus mampu bersaing dalam dunia global dan dapat berorientasi pada pasar dalam artian di dunia pendidikan. Di era evolusi industri 5.0 tidak hanya teknologi yang menguasai, tetapi juga didukung oleh kemampuan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Ketua Jurusan Matematika, Dr. Asdar, M.Pd., mengungkapkan bahwa dosen harus sudah bisa dalam membuat e-Learning. Dosen juga harus mempunyai kreativitas dan inovasi untuk mewujudkan sistem pembelajaran berlangsung dengan baik. Dia juga berharap bahwa semester ini 100% seluruh mata kuliah sudah melibatkan sistem e-Learning dan 40% pertemuan diantaranya sudah menggunakan e-Learning.

Mipa Learn harus bisa dioperasikan. Harapannya 40% pertemuan di setiap mata kuliah bisa menggunakan e-Learning. Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam membuat sistem pembelajaran berjalan dengan baik ke depannya” Cetus beliau selepas acara workshop.

Dalam kegiatan workshop tersebut, bukan hanya e-Learning yang menjadi pokok bahasan, akan tetapi e-Absensi juga turut diperkenalkan kepada dosen pengajar mengingat mulai semester ini FMIPA UNM sudah akan menerapkan absensi online untuk mahasiswa. Simulasi juga dilakukan guna memberikan pemahaman lebih kepada pengampu pendidikan di Jurusan Matematika.

“Selain itu, penggunaan absensi online sudah harus diterapkan mulai semester ini oleh dosen pengajar di Jurusan Matematika” tambahnya.