Jurusan Matematika FMIPA UNM kembali mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu di Malino, Kabupaten Gowa tepatnya di SMAN 5 Gowa pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama Jurusan Matematika FMIPA UNM dengan Dinas Pendidikan Wilayah Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang diikuti oleh guru matematika yang bergabung dalam MGMP se-kabupaten Gowa ini bertujuan untuk membantu guru-guru pada tingkat sekolah menengah untuk meningkatkan profesionalisme sebagai seorang pendidik dalamĀ  menjalankan tugas-tugasnya.

Dalam acara pembukaan, sekretaris LP2M UNM, Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd. berharap ada tindak lanjut setelah kegiatan ini yang dimotori oleh guru dalam proses pembelajaran.

Pembukaan PKM Terpadu Jurusan Matematika FMIPA UNM oleh Sekretaris LP2M (Doc.Jurusan)

“Semoga setelah kegiatan ini ada tindak lanjut yang dimotori oleh guru matematika untuk pembinaan secara intensif agar melahirkan karya-karya inovatif dalam proses pembelajaran seperti penggunaan teknologi, pembelajaran berbasis proyek, dll.” Tuturnya.

Narasumber ahli dalam kegiatan tersebut diantaranya Sutamrin S.Si., M.Pd. (Data Akademik Berbasis Ms. Excel), Dr. Rusli., M.Pd. (Analisis Data menggunakan Ms. Excel), Dr. Rahmat, S.T., M.Kom. (Peminimalisiran Software Bajakan), Dr. Asdar, M.Pd. (Pelatihan Geogebra), Dr. Ilham Minggi, M.Si. (Analisis Data Instrumen), Nasrullah, S.Pd., M.Pd. (APM dengan Konsep Pecahan), Dr. Awi., M.Si. (Pembelajaran Berbasis Proyek).

Pelaksanaan PKM Terpadu Jurusan Matematika FMIPA UNM (Doc. Jurusan )

Sebanyak 79 peserta yang dibagi ke dalam 7 kelompok untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari narasumber yang berbeda-beda tiap kelompok. Pada bagian akhir acara, masing-masing kelompok melakukan sesi foto bersama dengan dosen-dosen jurusan Matematika FMIPA UNM.

[IST]