Jurusan Matematika FMIPA UNM kembali mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Terpadu di Malino, Kabupaten Gowa tepatnya di SMAN 5 Gowa pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019.

Pemberangkatan ke Malino (Doc. Jurmat)

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama Jurusan Matematika FMIPA UNM dengan Dinas Pendidikan Wilayah Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang diikuti oleh guru matematika yang bergabung dalam MGMP se-kabupaten Gowa ini bertujuan untuk membantu guru-guru pada tingkat sekolah menengah untuk meningkatkan profesionalisme sebagai seorang pendidik dalam  menjalankan tugas-tugasnya.

Dalam acara pembukaan, sekretaris LP2M UNM, Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd. berharap ada tindak lanjut setelah kegiatan ini yang dimotori oleh guru dalam proses pembelajaran.

Pembukaan PKM Terpadu Jurusan Matematika FMIPA UNM di Malino, Kabupaten Gowa (Doc. Jurmat)

“Semoga setelah kegiatan ini ada tindak lanjut yang dimotori oleh guru matematika untuk pembinaan secara intensif agar melahirkan karya-karya inovatif dalam proses pembelajaran seperti penggunaan teknologi, pembelajaran berbasis proyek, dll.” Tuturnya.

Adapun judul PKM di Malino beserta narasumber ahlinya adalah sebagai berikut:

  • PKM Pelatihan Analisis Validasi Instrumen bagi Guru SMA Negeri 5 Gowa oleh H. Sukarna, S.Pd., M.Si., Dr. Muhammad Darwis, M.Pd., dan Dr. Ilham Minggi, M.Si.

PKM Pelatihan Analisis Validasi Instrumen bagi Guru SMA Negeri 5 Gowa

  • Kelompok Guru Matematika Kecamatan Tinggi Moncong untuk Pelatihan Geogebra oleh Dr. Asdar, M.Pd., Dra. Rosidah, M.Si., dan Fajar Arwadi, S.Pd., M.Sc.

Kelompok Guru Matematika Kecamatan Tinggi Moncong untuk Pelatihan Geogebra

  • PKM Peminimalisiran Penggunaan Software Bajakan Melalui Pelatihan Software Open Source Bagi Guru SMP Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan oleh Dr. Maya Sari Wahyuni, S.T.,M.Kom., Sulaiman, S.Si.,M.Kom.,MM, dan Dr. Rahmat Syam, S.T.,M.Kom.

 

  • PKM Pelatihan Pelaporan dan Administrasi Data Akademik Berbasis Microsoft Excell Bagi Guru SMP di Kabupaten Gowa oleh Sutamrin, S.Si., M.Pd., Dr. Djadir, M.Pd., dan Syamsuddin Mas’ud S.Pd., M.Sc.

PKM Pelatihan Pelaporan dan Administrasi Data Akademik Berbasis Microsoft Excell Bagi Guru SMP

  • PKM Pelatihan Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian Menggunakan Perangkat Lunak Excell untuk Guru Sekolah Menengah di Tinggimoncong Gowa oleh Drs. Muhammad Dinar, M.Pd., Dr. Rusli, M.Si., dan Irwan, S.Si., M.Si.

PKM Pelatihan Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian Menggunakan Perangkat Lunak Excell untuk Guru Sekolah Menengah di Tinggimoncong Gowa

  • PKM Pelatihan Perancangan Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Sebagai Upaya Penanaman Karakter Siswa SMP di Kabupaten Gowa oleh Dr. Awi Dassa, M.Si., Said Fachry Assagaf, S.Pd., M.Sc., dan Muh. Husnul Khuluk, S.Pd., M.Sc.

PKM Pelatihan Perancangan Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Sebagai Upaya Penanaman Karakter Siswa SMP di Kabupaten Gowa

  • PKM Penerapan Asesmen Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Pembelajaran oleh Syahrullah Asyari, S.Pd., M.Pd., Dr. Awi Dassa, M.Si., dan Prof. Dr. Nurdin, M.Pd.

Sebanyak 79 peserta yang dibagi ke dalam 7 kelompok untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari narasumber yang berbeda-beda tiap kelompok. Pada bagian akhir acara, masing-masing kelompok melakukan sesi foto bersama dengan dosen-dosen jurusan Matematika FMIPA UNM.

[IST]